Cara Budidaya Jamur Tiram

 

Cara Budidaya Jamur Tiram

Cara Budidaya Jamur Tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat, jamur tiram juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengandung vitamin B1, B2, dan B3 serta mineral seperti fosfor dan kalium. Oleh karena itu, budidaya jamur tiram menjadi salah satu kegiatan yang menjanjikan untuk dilakukan.


Berikut ini adalah Cara Budidaya Jamur Tiram yang dapat dilakukan di rumah:


1. Persiapan bahan dan alat

Persiapan bahan yang dibutuhkan untuk budidaya jamur tiram antara lain serbuk kayu yang sudah di sterilisasi, kapas steril, spora jamur tiram, dan air. Selain itu, alat yang dibutuhkan adalah tempat budidaya, seperti kotak kayu atau drum plastik, dan alat pengukur suhu dan kelembaban.


2. Pembuatan media tanam

Media tanam untuk jamur tiram dapat dibuat dari serbuk kayu yang sudah di sterilisasi. Serbuk kayu yang digunakan harus dalam keadaan kering dan dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu, serbuk kayu tersebut dicampur dengan kapas steril hingga merata.


3. Penanaman spora jamur tiram

Spora jamur tiram dapat diperoleh dari peternak jamur tiram atau dapat dibeli di toko pertanian. Spora jamur tiram yang telah dibeli dicampurkan dengan air dalam botol semprot. Setelah itu, campuran spora dan air tersebut disemprotkan ke media tanam yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menjaga kelembaban media tanam agar spora jamur tiram dapat tumbuh dengan baik.


4. Perawatan jamur tiram

Jamur tiram membutuhkan suhu dan kelembaban yang tepat untuk dapat tumbuh dengan baik. Suhu yang ideal untuk jamur tiram adalah antara 22-28 derajat Celsius, sedangkan kelembaban yang ideal adalah antara 70-85%. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi media tanam, seperti memastikan bahwa media tanam selalu dalam keadaan basah dan tidak terkena sinar matahari langsung.


5. Pemanenan jamur tiram

Jamur tiram dapat dipanen ketika ukurannya sudah mencapai sekitar 5-7 cm dan payung jamur sudah terbuka sempurna. Untuk memanennya, tinggal mencabut jamur dari media tanam dengan memutar payung jamur secara perlahan.


Budidaya jamur tiram memang memerlukan perawatan yang cukup ketat, namun hasilnya tentu akan sangat memuaskan. Selain dapat dikonsumsi sendiri, jamur tiram juga dapat dijual untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Yuk, coba budidaya jamur tiram di rumahmu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budidaya Ikan Nila

Tips Untuk Budidaya Pepaya California